Langkah Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja di Tulis Kertas Folio

Langkah langkah membuat surat lamaran kerja - Surat lamaran kerja adalah salah satu dari beberapa dokumen persyaratan melamar pekerjaan di perusahaan atau instansi. Dari surat tersebut, pihak perekrut akan menilai karakter si pelamar. Apalagi jika perusahaan mewajibkan untuk membuat surat lamaran kerja yang di tulis tangan, maka kepribadian seseorang dapat terlihat dari tulisannya.

Tidak hanya tulisan yang dinilai, tapi juga format surat lamaran pekerjaan sekaligus gaya bahasa yang pelamar gunakan dalam surat lamaran menjadi salah satu nilai pertimbangan HRD (Human Resources Departement).

Namun, jika lamaran kerja tidak wajib di tulis tangan dengan kata lain bisa di ketik resume lewat Hp, komputer atau laptop, maka kamu bisa sedikit lega jika ternyata tulisanmu tidak begitu bagus. Dan tinggal menyusun format surat lamaran kerja yang baik dan benar saja.
cara menulis surat lamaran kerja di kertas folio
Sebelum mulai menulis atau mengetik surat lamaran, ada baiknya kalau kamu mengetahui apa saja yang terkandung dalam struktur yang ada pada surat lamaran pekerjaan pada umum-nya, dari bagian atas sampai kebawah (Seperti yang diajarkan ibu guru pelajaran bahasa Indonesia di sekolah). Berikut susunan cara bikin surat lamaran pekerjaan:
  • Tanggal surat
  • Lampiran dan perihal
  • Penujuan surat
  • Salam pembuka
  • Isi Surat
  • Salam penutup
  • Tanda tangan & nama
Selain surat lamaran kerja, ada satu dokumen lainnya yang biasa menjadi poin penilaian HRD rekrutmen untuk lanjut atau tidaknya memproses lamaran yang di kirim. Yakni curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup.

Jika kamu berniat melamar kerja lewat email, maka dapat menengok di postingan saya sebelumnya pada tautan. Disitu terdapat juga cara membuat cv lamaran kerja online beserta cara scan dokumen lewat hp.

Nah sekarang mari lanjutkan ke topik utama yakni bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik!

Langkah Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan di Kertas Folio

Yang pertama kalau kita akan membikin surat lamaran kerja di tulis tangan di kertas folio, maka ikuti tips berikut:
  1. Siapkan kertas folio 2 atau 3 lembar beserta pena warna hitam
  2. Mulai tulis lamaran di kertas pertama menggunakan format surat lamaran kerja yang baik dan benar namun hanya untuk coretan-coretan awal
  3. Setelah dirasa benar, kamu dapat menulis ulang surat lamaran yang tadi di buat di kertas pertama ke kertas folio yang kedua dengan hati-hati
  4. Lakukan koreksi ulang, agar tidak terjadi tipo (Salah penulisan kata) pada surat lamaran yang kamu bikin
4 Tips diatas, dimaksudkan agar kita tidak buang-buang kertas folio saat menuliskan huruf atau tatanan bahasa yang digunakan pada saat membuat surat lamaran pekerjaan.

Tak lengkap rasanya kalau saya hanya memberikan tips dalam menulis lamaran kerja di kertas folio tanpa adanya contoh dari surat tersebut. Karena itu kamu bisa lihat contoh surat lamaran kerja tulis tangan di kertas folio dibawah ini.
contoh lamaran kerja tulis tangan
Note: Kamu bisa menulis di bagian apa lowongan pekerjaan yang ingin di lamar dibagian kanan atas dari kertas folio.

0 Response to "Langkah Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja di Tulis Kertas Folio"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel