Cara Bikin Lamaran & Mengirim CV Lewat Email (Wajib Coba)
Lihat ini cara mengirim CV lewat email yang baik dan benar kalau kamu pengen tahu. Supaya apa, tentu agar bikin lamaran Curriculum Vitae yang di kirim menarik HRD perusahaan dan mendapat undangan interview, karenanya tata cara mengirim lamaran lewat email gmail di hp android maupun laptop perlu perhatian lebih setelah selesai membuat CV/ daftar riwayat hidup lamaran kerja-nya.
Dan untuk mengisi body email, baiknya menggunakan kata dan kalimat yang tidak lebay, yang pasti isinya harus singkat, padat dan jelas. Lalu seperti apa contoh body lamaran kerja yang dimaksud, yakni mengandung 5 hal berikut:
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama : Tian Rehan
Alamat : Jln. Diponegoro, No 41, Surabaya
TTL : Surabaya, 14 Oktober 1998
Pendidikan : SMK Otomotif
Terkait informasi di website lowongan pekerjaan JobStreet.com bahwa PT INDOFOODS membutuhkan karyawan sebagai Teknisi Mesin, saya bermaksud mengajukan diri untuk mengisi lowongan tersebut. Bersama ini saya lampirkan CV sebagai bahan pertimbangan.
Besar harapan saya untuk diberikan kesempatan mengikuti tes dan wawancara di PT INDOFOODS agar saya dapat menjelaskan pontesi diri saya. Apabila Bapak/ ibu HRD membutuhkan informasi lebih lanjut tentang diri saya, silahkan menghubungi saya lewat email ini atau di nomor handphone 085832239524. Terimakasih atas perhatiannya.
Hormat Saya,
Tian Rehan
Mengenai prosedur cara mengirim lamaran lewat email, umumnya kita tidak perlu melampirkan file lamaran kerja lagi, karena di dalam body pesan nantinya kamu kan sudah menulis surat lamaran kerja-nya. Jadi, sekarang waktunya kamu bikin daftar riwayat hidup yang nantinya kita konversikan kedalam bentuk file PDF.
Nah, bagi kamu yang ingin menulis lamaran kerja di kertas folio bisa baca-baca artikel saya seputar langkah langkah membuat surat lamaran kerja di tulis di kertas folio pada tautan tersebut.
Sekarang kita lanjutkan ketopik bahasan utama cara melamar pekerjaan lewat email yakni kelangkah bagaimana cara membuat CV yang menarik tapi mudah? inilah jawabannya.
Banyak aplikasi android untuk membikin resume, mulai dari yang manual dengan aplikasi Google Dokumen untuk membikin CV di hp yang bisa kamu unduh gratis di Playstore atau menggunakan cara yang lebih efisien dan praktis memakai aplikasi pembuat CV gratis yakni KickResume.
Cara membuat CV yang menarik dari website KickResume sangat mudah, kamu cukup memasukkan data diri saja di setiap kolom-kolomnya. Namun, pastikan kamu mengakses webnya menggunakan browser Chrome di hp android supaya hasil CV PDF tersimpan di aplikasi browser Chrome dan mudah mencontoh tahapan yang saya jabarin disini. HE..HEHE..
Kalau tadi sudah bikin daftar riwayat hidup dan menyimpannya kedalam bentuk file PDF maka kamu tidak perlu lagi scan CV ataupun lamaran kerja.
Karena dalam melamar kerja lewat email, kebanyakan perusahaan hanya meminta lampiran file attachment CV dan dokumen lain-lain bisa dibawa saat kita diminta menghadiri undangan tes atau interview.
Tujuannya agar file attachment yang dikirim tidak memberatkan server e-mail HRD. Dikarenakan ada batasan tidak lebih dari 2 MB dari pesan email yang dapat masuk ke server HRD. Jika melebihi 2 MB maka otomatis server akan menolak pesan email tersebut. Karena itu sebelum anda mengupload dokumen PFD lamaran email maka bisa kompresukuran file PDF dulu yang caranya bisa lihat di tautan ini.
Kesimpulan...!!
Jadi, intinya cara melamar lewat email umumnya hanya ngirim lamaran kerja yang ditulis di badan email langsung beserta lampiran attachment Curriculum Vitae.
Namun, jika perusahaan meminta berkas lamaran kerja lainnya seperti E-KTP, Ijazah, Kartu Keluarga, SKCK dll maka kamu penuhi saja syaratnya, itu artinya server email HRD perusahaan sudah di setting menerima pesan email yang kapasitas file didalamnya lebih dari 2 MB.
Dan kamu tidak perlu pergi ke tempat tukang scan dokumen untuk melengkapi persyaratan melamar kerja tersebut, karena sekarang ini kamu bisa menggunakan smartphone android untuk scan dokumen.
1. Buka aplikasi Gmail di hp
2. Sudah, pastikan email utama atau yang tersingkron di hp android adalah akun gmail yang namanya tidak alay jika di hpmu terdapat banyak email gmail dan untuk cek kebenarannya silahkan tab icon Menu di layar kiri atas dan apabila sudah benar email utama, kamu tab tombol warna merah di layar kiri bawah
3. Lanjut ke tampilan cara mengisi format pengiriman lamaran kerja melalui email yang baik dan benar
Penjelasan Kolom:
5. Selesai unggah lampiran attachment yang diperlukan untuk melamar kerja secara online, baik itu CV atau file lain. Misal kamu tadi membuat daftar riwayat hidup dengan aplikasi maka dari menu dropdown pilih Sisipkan dari Drive, namun jika tadi kamu melakukan scan CV lewat hp maka pilih opsi Lampiran file
6. Contoh, disini tadi saya mengupload lampiran dari Google Drive, sekarang silahkan cek ulang format pengiriman lamaran kerja, mulai dari atas sampai bawah dan jika sudah benar lanjut tab icon Kirim
7. Selesai!!
*****
Bagaimana cara melamar kerja lewat email sangat mudah yah?
Nah, jika boleh menarik kesimpulan dari tips dan trik diatas yakni:
Banyak pelamar sering mengabaikan format pengiriman email yang benar, akibatnya kesempatan mendapat undangan interview hilang karena salah dalam hal cara melamar kerja lewat email tersebut.
Meskipun isi dari CV-nya sangat bagus, kalau tidak didukung dengan etika atau cara mengirim lamaran kerja lewat email yang baik dan benar, sama saja bohong. Pihak HRD juga malas untuk membuka pesan email yang tidak jelas maksud dan tujuannya. Karena itu, di sini saya akan menuliskan 4 langkah cara melamar kerja via email yang baik, yakni:
Meskipun isi dari CV-nya sangat bagus, kalau tidak didukung dengan etika atau cara mengirim lamaran kerja lewat email yang baik dan benar, sama saja bohong. Pihak HRD juga malas untuk membuka pesan email yang tidak jelas maksud dan tujuannya. Karena itu, di sini saya akan menuliskan 4 langkah cara melamar kerja via email yang baik, yakni:
- Cara Bikin Lamaran Lewat Email
- Cara Membuat CV Lewat Email
- Cara Scan Dokumen Lamaran Lewat Hp
- Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email
Berikut penjabaran dari 4 langkah diatas!
Didalam menulis lamaran, jika nantinya dikirim melalui email, maka tulis surat lamaran kerja di body pesan email Gmail. Ini merupakan salah satu cara yang baik dan benar dalam melamar pekerjaan lewat email.Cara Bikin Lamaran Kerja Lewat Email Gmail
Dan untuk mengisi body email, baiknya menggunakan kata dan kalimat yang tidak lebay, yang pasti isinya harus singkat, padat dan jelas. Lalu seperti apa contoh body lamaran kerja yang dimaksud, yakni mengandung 5 hal berikut:
- Kata sapa'an
- Penjelasan singkat data dirimu
- Referensi lowongan kerja
- Kalimat harapan dan ucapan terimakasih
- Salam
#Contoh Body Email Lamaran Kerja
Dengan Hormat,Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama : Tian Rehan
Alamat : Jln. Diponegoro, No 41, Surabaya
TTL : Surabaya, 14 Oktober 1998
Pendidikan : SMK Otomotif
Terkait informasi di website lowongan pekerjaan JobStreet.com bahwa PT INDOFOODS membutuhkan karyawan sebagai Teknisi Mesin, saya bermaksud mengajukan diri untuk mengisi lowongan tersebut. Bersama ini saya lampirkan CV sebagai bahan pertimbangan.
Besar harapan saya untuk diberikan kesempatan mengikuti tes dan wawancara di PT INDOFOODS agar saya dapat menjelaskan pontesi diri saya. Apabila Bapak/ ibu HRD membutuhkan informasi lebih lanjut tentang diri saya, silahkan menghubungi saya lewat email ini atau di nomor handphone 085832239524. Terimakasih atas perhatiannya.
Hormat Saya,
Tian Rehan
Mengenai prosedur cara mengirim lamaran lewat email, umumnya kita tidak perlu melampirkan file lamaran kerja lagi, karena di dalam body pesan nantinya kamu kan sudah menulis surat lamaran kerja-nya. Jadi, sekarang waktunya kamu bikin daftar riwayat hidup yang nantinya kita konversikan kedalam bentuk file PDF.
Nah, bagi kamu yang ingin menulis lamaran kerja di kertas folio bisa baca-baca artikel saya seputar langkah langkah membuat surat lamaran kerja di tulis di kertas folio pada tautan tersebut.
Sekarang kita lanjutkan ketopik bahasan utama cara melamar pekerjaan lewat email yakni kelangkah bagaimana cara membuat CV yang menarik tapi mudah? inilah jawabannya.
Cara Membuat CV Lewat Email dengan Aplikasi
Curriculum Vitae merupakan gambaran singkat tentang si pelamar kerja, jadi sebisa mungkin isi didalamnya mengandung daya tarik bila HRD perusahaan melihatnya.Banyak aplikasi android untuk membikin resume, mulai dari yang manual dengan aplikasi Google Dokumen untuk membikin CV di hp yang bisa kamu unduh gratis di Playstore atau menggunakan cara yang lebih efisien dan praktis memakai aplikasi pembuat CV gratis yakni KickResume.
Cara membuat CV yang menarik dari website KickResume sangat mudah, kamu cukup memasukkan data diri saja di setiap kolom-kolomnya. Namun, pastikan kamu mengakses webnya menggunakan browser Chrome di hp android supaya hasil CV PDF tersimpan di aplikasi browser Chrome dan mudah mencontoh tahapan yang saya jabarin disini. HE..HEHE..
- Langkah awal masuk ke situs KickResume dari link diatas, pada tampilan halaman utama web tersebut, silahkan pilih icon Menu untuk mendaftar akun terlebih dulu, lanjut pilih SIGN UP
- Disini kamu diberi pilihan mau daftar pake' akun Facebook, akun Google, Linkedin atau email. Biyar lebih mudah mencontek langkah yang ada dimari, pilih SIGNUP WITH EMAIL
- Maka, di tahap berikutnya silahkan memasukkan Akun Email yang kamu punya, jika belum punya email atau sudah punya tapi mau bikin email gmail baru lagi, lihat tutorialnya di tautan. Setelah memasukkan Alamat Email, Buat kata sandi dan Konfirmasi sandi, Centang kotak itu (Lihat contoh gambar diatas) dan klik REGISTER
- Kemudian buka email Gmail di hp kamu untuk mengkonfirmasi akun yang telah dibuat. Tab tombol GET YOUR RESUME NOW
- Maka, kamu akan diarahkan kembali ke situs KickResume dan langsung saja dipilih tombol CREATE NEW RESUME
- Disini ada 3 pilihan template membuat CV yang menarik secara gratis, silahkan pilih dengan cara tab salah satu template
- Nah, karena website ini di akses semua orang di berbagai belahan dunia, maka pengaturan bahasa otomatis berbahasa Inggris, namun kamu dapat edit bagian Kategori yang saya tandai (Gambar dibawah sebelah kiri) menjadi tulisan berbahasa Indonesia (Pada gambar sebelah kanan). Masukkan juga data diri kamu pada tiap kolom-kolom tersebut dan bila sudah tab icon yang saya tunjuk panah
- Berikutnya atur susunan Kategorinya, cara-nya Tab & Tahan lalu Geser ke Atas/ Bawah, jika sudah kamu bisa lihat hasilnya dengan menekan Preview & Customize
- Beginilah hasil aplikasi membuat CV online, untuk mendownload file PDF, karena layar hp android saya kecil gulir layar kebawah pilih tombol Download
- Secara otomatis CV tersimpan di browser Chrome hp android dan silahkan simpan ke Google Drive. Cara-nya setelah tadi berhasil di unduh, gulir layar hp android kamu, tab file My CV PDF dan setelah kebuka pilih icon Drive
- Masukkan Nama file untuk CV, pilih Akun Email yang mau digunakan untuk menyimpan file, pilih tombol SIMPAN
- File CV berhasil tersimpan di Google Drive
Setelah membuat CV online dengan bantuan aplikasi pembuat CV gratis, lanjut ke proses mengirim lamaran!
Kalau tadi sudah bikin daftar riwayat hidup dan menyimpannya kedalam bentuk file PDF maka kamu tidak perlu lagi scan CV ataupun lamaran kerja.
Karena dalam melamar kerja lewat email, kebanyakan perusahaan hanya meminta lampiran file attachment CV dan dokumen lain-lain bisa dibawa saat kita diminta menghadiri undangan tes atau interview.
Tujuannya agar file attachment yang dikirim tidak memberatkan server e-mail HRD. Dikarenakan ada batasan tidak lebih dari 2 MB dari pesan email yang dapat masuk ke server HRD. Jika melebihi 2 MB maka otomatis server akan menolak pesan email tersebut. Karena itu sebelum anda mengupload dokumen PFD lamaran email maka bisa kompresukuran file PDF dulu yang caranya bisa lihat di tautan ini.
Kesimpulan...!!
Jadi, intinya cara melamar lewat email umumnya hanya ngirim lamaran kerja yang ditulis di badan email langsung beserta lampiran attachment Curriculum Vitae.
Namun, jika perusahaan meminta berkas lamaran kerja lainnya seperti E-KTP, Ijazah, Kartu Keluarga, SKCK dll maka kamu penuhi saja syaratnya, itu artinya server email HRD perusahaan sudah di setting menerima pesan email yang kapasitas file didalamnya lebih dari 2 MB.
Dan kamu tidak perlu pergi ke tempat tukang scan dokumen untuk melengkapi persyaratan melamar kerja tersebut, karena sekarang ini kamu bisa menggunakan smartphone android untuk scan dokumen.
Cara Scan Dokumen Lamaran Lewat Hp
Nah, berikut saya contoh-kan gimana cara scan lamaran lewat hp android maupun dokumen lain: E-KTP, Ijazah, Kartu Keluarga, SKCK pada semua merk android Samsung, Xiaomi, Lenovo, Oppo, Vivo dlsb menggunakan aplikasi CamScanner. Ikuti langkah dibawah ini:- Masuk Playstore android, lalu ketikkan CamScanner
- Maka aplikasi CamScanner - Phone PDF Creator muncul dan silahkan di instal, usai terpasang, lanjut Buka
- Di tampilan "Welcome to CamScanner" pilih link USE NOW
- Berikutnya kamu langsung pilih tombol yang ada Icon Kamera dengan keterangan Start CamScanner
- Letakkan surat lamaran atau dokumen yang ingin kamu scan lewat hp di meja atau lantai, Kemudian arahkan kamera belakang hp ke dokumen tersebut, lanjut tekan tombol icon Kamera untuk mengambil gambar
- Setelah itu kamu tinggal menyesuaikan layout gambar, bila sudah, tekan icon Centang
- Selanjutnya kamu bisa edit kecerahan atau ketajaman gambar dengan cara, tab salah satu pilihan yang saya tandai kotak merah, jika sudah tab icon Centang
- Sekarang kamu bisa preview dokumen lamaran yang tadi di scan lewat hp, caranya tab file tersebut
- Yah, ini tampilan lamaran PDF, sekarang kamu kasih nama ke filenya, caranya tab icon titik-titik yang ada tiga di layar hp bagian atas (Kita sebut aja itu icon Menu)
- Maka akan tampil menu dropdown, pilih yang Page Name
- Berikutnya masukkan nama yang kamu inginkan dengan catatan jangan nama-nama yang
ala kids jaman nowuntuk file yang di scan tadi, lanjut tab OK - Nah, inilah hasilnya!
Note: Secara otomatis file dokumen PDF hasik scan tersimpan di folder Berkas dari aplikasi CamScanner pada hp
Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email di HP
Membuat lamaran di Gmail sudah tahu caranya, CV PDF siap, cara scan dokumen juga udah paham. Kini waktunya kamu melamar kerja lewat email:
2. Sudah, pastikan email utama atau yang tersingkron di hp android adalah akun gmail yang namanya tidak alay jika di hpmu terdapat banyak email gmail dan untuk cek kebenarannya silahkan tab icon Menu di layar kiri atas dan apabila sudah benar email utama, kamu tab tombol warna merah di layar kiri bawah
3. Lanjut ke tampilan cara mengisi format pengiriman lamaran kerja melalui email yang baik dan benar
Penjelasan Kolom:
- Dari : Alamat email kamu
- Kepada : Email perusahaan/ instansi yang dilamar
- Subjek : Masukkan format seperti contoh [Lamaran kerja - Nama Jabatan yang dilamar] Nama Kamu
- Tulis Email : Isi atau body lamaran kerja (Bagian ini yang sering di kosongi oleh pelamar yang akibatnya HRD malas buka email lamaran kerjamu) pengisian body email bisa kamu copy contoh lamaran kerja lewat email yang ada diatas dari submenu pertama jika kamu baca artikel ini dari awal dengan hati-hati
5. Selesai unggah lampiran attachment yang diperlukan untuk melamar kerja secara online, baik itu CV atau file lain. Misal kamu tadi membuat daftar riwayat hidup dengan aplikasi maka dari menu dropdown pilih Sisipkan dari Drive, namun jika tadi kamu melakukan scan CV lewat hp maka pilih opsi Lampiran file
6. Contoh, disini tadi saya mengupload lampiran dari Google Drive, sekarang silahkan cek ulang format pengiriman lamaran kerja, mulai dari atas sampai bawah dan jika sudah benar lanjut tab icon Kirim
7. Selesai!!
*****
Bagaimana cara melamar kerja lewat email sangat mudah yah?
Nah, jika boleh menarik kesimpulan dari tips dan trik diatas yakni:
- Etika seorang pelamar kerja secara online yang meliputi format pengiriman lamaran ke perusahaan yang dituju
- Kreativitas diri dalam mensajikan lamaran agar mendapat perhatian dari pihak HRD
Good makasih bos ku
BalasHapusMakasih kak sangat membantu 😊
BalasHapusmakasih info nya
BalasHapusIya sama", semoga segera diterima kerja☺️
Hapusmakasih info nya
BalasHapusGimana cara ubah bahasanya ka itu ga di jelasin 😂
BalasHapusKalau berkas pendukung lainnya,seperti : Ijazah, ktp, no hp, dll... Cara kirimnya gmn, apa harus di jadikan satu pdf...?
BalasHapusThanks
Untuk berkas lamaran kerja yang di kirim dari email tergantung dari syarat Perusahaan yang dilamar mintanya gimana, misal diminta sekalian mending jadikan satu ke file PDF, alasannya ya kan lebih praktis dan tim HRD juga tidak susah" buka satu persatu dokumen yang kita kirim (Itu tips dari saya, jika ngerasa masuk akal silahkan dipakai kalo tidak ya abaikan aja��)
BalasHapusMantap infonya..
BalasHapusKalau perusahaan minta kirimkan cv dan lamarang lengkap itu artinya apa?
BalasHapusApa harus ngirim skck,kk,ktp,ijazah?
Kirim lamaran kerja ke perusahaan lewat email menurut saya jarang banget langsung di minta melampirkan dokumen pendukung lain seperti SKCK, Ijazah dll, tapi tidak menuntut juga kemungkinannya. Jadi, kalau keterangannya kurang jelas seperti yg dimaksud menurut saya pribadi, kirim CV terbaik Anda dan isi lamaran di body email saja. Semoga bermanfaat, kurang lebihnya mohon maaf yah..
BalasHapusIzin copas gan, makasih gan
BalasHapus@Eli Al Fakir: Silahkan gan, saya senang jika link sumber di sertakan juga tapi..
BalasHapusSangat membantu terima kasih yah min 🙏
BalasHapusAlhamdullillah,terima kasih petunjuknya Gan.
BalasHapusSangat membantu sekali.
Sangat jelas dan saya bisa membuatnya,thanks pak......rejik melimpah buat bpaknya....Amin
BalasHapusterimakasih sangat membantu..
BalasHapusSangat membantu... Terimakasih...
BalasHapus