Cara Membuat CV di HP Android lewat Aplikasi Google

Pengen tahu bagaimana cara membuat CV di hp android secara online pakai aplikasi pembuat CV bahasa Indonesia dengan format PDF, Word dll? Berikut panduan yang bisa anda contoh didalam membikin daftar riwayat hidup (Curriculum Vitae) yang merupakan salah satu dokumen syarat untuk melamar kerja lewat email di hp ke perusahaan, instansi, lembaga serta tempat lainnya.
cara membuat cv lewat hp
Membuat CV dari hp merupakan alternatif terbaik bagi anda yang tidak memiliki laptop / PC dan lebih ke pemanfaatan smartphone android ke hal yang lebih positif, sayang kan kalau punya hp canggih hanya di pakai untuk browsing, chatting, ngegame aja hehe.

Nah, dengan menyimak contoh cara buat CV di hp ini saya harap anda bisa berinovasi dan lebih kreatif lagi menciptakan resume untuk ngelamar pekerjaan via email, meski di Google tersedia banyak contoh file attachment surat lamaran kerja yang dapat anda download gratis dan sedikit edit isinya, alangkah indahnya proses bikin CV lewat hp anda lakukan sendiri, mulai dari format  penulisan judul, isi resume sampai ke kalimat penutup supaya lebih mengerti langkah bagaimana cara membuat CV online di hp android Xiaomi, Oppo, Lenovo, Asus, Samsung dlsb.

Baca juga: Contoh bikin CV yang menarik dan kreatif bahasa indonesia

Cara Membuat CV di HP lewat Aplikasi Android Google Dokumen


Sebelum ke langkah-langkah menulis CV di hp, sedikit mengenai aplikasi Google Dokumen ialah salah satu produk Google Ich. yang fungsinya untuk pengolahan kata, brosur, presentasi, formulir serta menyimpan data secara online.

Meskipun aplikasi gratis ini berbasis online, anda tetap bisa menggunakan aplikasi Google Dokumen secara offline untuk membuat lamaran kerja di hp maupun bikin CV menggunakan Google Docs dengan syarat anda sudah memiliki akun gmail.

Dan satu lagi, layanan pengolahan kata ini, selain ada versi aplikasi, juga ada versi webnya lhoo. Jadi tinggal anda mau pake yang mana aja bisa kok untuk buat cv di hp android.

Cara Menggunakan Google Docs untuk Menulis CV Lamaran Kerja


Setelah mengetahui fungsi dan pengertian dari Google Dokumen, mari lanjut ke tutorial cara membuat CV di hp android pakai aplikasi pembuat CV gratis bahasa Indonesia yakni Google Docs. Ikuti langkah dibawah:

  1. Pertama download aplikasi Google Dokumen di hp dari Playstore android, setelah itu silahkan lanjut Buka 
    aplikasi pembuat cv bahasa indonesia
  2. Pada tampilan halaman utama, pilih petunjuk LEWATI lalu anda akan dibawa masuk ke tahap mulai membuat CV di hp (Lihat gambar dibawah yah), lanjutkan dengan memlih icon Plus (+) 
    cara membuat cv yang menarik
  3. Dari situ akan muncul Dua Opsi yakni Pilih "Template atau Dokumen Baru". Misalkan anda milih yang opsi Pilih Template maka akan muncul template untuk membuat CV, Resume, Laporan, Brosur serta template lainnya, namun disini saya lebih memilih buat CV di hp secara manual maka saya pilih opsi Dokumen Baru alasan kurang sreg sama template CV yang disediain gratis di Google Docs 
    cara buat cv di hp
  4. Sekarang anda bisa memulai membuat CV pada aplikasi Google Dokumen, setelah itu atur format penulisan isi CV mulai dari format Judul silahkan blok dulu kata-katanya lalu pilih icon A diatasnya (Cek Gambar Dibawah Biyar Jelas Yah), Pilih Gaya Text => JUDUL 
    cara membuat cv online
  5. Selanjutnya pilih Menu PARAGRAF => Tab opsi kayak gambar dibawah 
    cara membuat daftar riwayat hidup di hp android
  6. Silahkan lanjut mengatur format lainnya seperti langkah diatas untuk SUBJUDUL dll 
  7. Nah, sekarang anda bisa memasukan foto profil lamaran CV dan pastinya foto dengan gaya formal, caranya pilih icon + (Lihat screenshot gambarnya) kemudian Tab opsi Gambar 
    cara menulis lamaran lewat hp
  8. Jika foto sudah berhasil di upload silahkan atur ukurannya, kalau sudah ok maka anda bisa memberi nama file dokumen tersebut dengan cara pilih kolom atas yang ada tulisan (Gambar diatas) Dokumen tan... 
  9. Lanjut masukan nama dokumen tersebut dengan mengetikan CV Nama Anda lalu tab OKE 
    cara bikin cv via hp
  10. Kemudian untuk mengubah format dokumen CV yang awalnya Format Docs ke PDF pilih icon titik tiga sejajar di pojok kanan atas layar hp anda, pada tampilan selanjutnya pilih opsi Bagikan & Ekspor 
    bagaimana cara membuat curriculum vitae di hp
  11. Pilih Simpan Sebagai => Dukumen PDF 
    cara membuat cv PDF
Bagi yang kesulitan membuat daftar riwayat hidup untuk melamar kerja, anda bisa download contoh CV online gratis bentuk doc di tautan ini

Setelah menuntaskan langkah diatas, maka anda sudah berhasil menyelesaikan cara membuat CV di hp, dan untuk melihat file dokumen CV PDF tersebut silahkan buka dengan aplikasi Google Drive di hp android karena otomatis tersimpan disitu.

Dan aplikasi Drive ini saya yakin sudah ada di hp android yang sobat miliki karena Google Drive merupakan fitur bawaan android yang fungsinya untuk menyimpan file dan data secara online (Cload Storage atau penyimpanan file basis awan).

Tanpa panjang lebar lagi, berikut langkah buka CV PDF di Google Drive yang saya contohkan pada merk hp Xiaomi:

  • Pertama buka menu Google 
    cara membuat google dosc
  • Sentuh opsi menu Drive 
    cara menggunakan google drive
  • Anda bisa lihat file CV PDF yang tadi di buat tersimpan di Folder Drive Saya, untuk melihat hasilnya ketuk nama filenya (Pastikan akun Drive yang dibuka sekarang ini sama dengan akun Gmail untuk membuat CV online tadi yah)
  • Tarraaaa... ini hasil CV lamaran PDF 
    cara membuat CV PDF

Gampang kan cara membuat CV di hp android dengan aplikasi gratis Google Docs?

Postingan ini merupakan jawaban atas pertanyaan dari sobat pembaca blog BCB yang menanyakan gimana cara bikin CV online bahasa indonesia via hp android guna sebagai pelengkap file attacment dalam melamar kerja lewat email gmail.

6 Responses to "Cara Membuat CV di HP Android lewat Aplikasi Google"

  1. Gimana caranya bikin titik dua sejajar di aplikasi google dokumen nya

    BalasHapus
  2. Dimana cara download lamarannya kak

    BalasHapus
  3. Untuk download contoh CV kerja:
    1. Sentuh link Tautan Ini diatas
    2. Tampilan akan mengarah ke opsi pilih buka dengan akun Google (jika di hp terdapat banyak email Gmail)
    3. Setelah pilih buka pake Gmail yg mana, kmu akan diarahkan ke tampilan Drive
    4. Tab contoh CV nya
    5. Kalo sudah kebuka, pilih icon Titik Tiga di pojok kanan atas lalu pilih opsi Bagikan & Ekspor
    6. Lanjut pilih Simpan Sebagai - Tab opsi Format Word (.Docx)

    Selesai, silahkan cek hasil download CV lamaran di Google Drive dan ketika ingin edit isi sentuh icon Pensil.

    Tambahan, pastikan kamu menggunakan browser Chrome di Hp Android yah.

    BalasHapus
  4. Bang tampilan gua ke format pdf kok jadi 3 halaman ?? Bingung ..
    tolong info bang thankyou🙏

    BalasHapus
  5. Gimana cara ubah ukuran fotonya ya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel