Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Hasil SCAN Online & Offline

Upaya meringankan kapasitas file dokumen PDF ketika mengirim lamaran kerja lewat email harus anda mengerti supaya pesan email tidak diabaikan oleh HRD, karena itu dimari saya mau sedikit share panduan cara mengecilkan ukuran file PDF hasil scan dokumen di hp android atau menggunakan laptop secara online maupun offline yang bisa anda pilih mana yang terbaik dan sesuai dengan keinginan.
cara mengecilkan ukuran file pdf hasil scan
Dari sekian banyak cara kompres file PDF menjadi kecil yang segera anda ketahui disini mana saja web online atau software aplikasi semua menawarkan kualitas yang baik, namun sebaiknya dicoba satu persatu yang mana menurut anda bisa memperkecil file PDF yang tidak mengurangi kualitas ketajaman gambar ataupun text dokumen agar pihak HRD yang menerima file attachment lamaran anda tidak kecewa karena tulisan sulit dibaca.

Dan biasanya ada ketentuan yang harus pelamar penuhi mengenai batas maksimal kapasitas file PDF yang akan dikirim, hal ini dirasa wajar oleh perusahaan karena ada buayak sekali lamaran kerja yang mereka terima di server email HRD perusahaan tersebut, karnanya cara mengurangi ukuran file PDF online dan offline hasil scan ini layak untuk di ikuti dan segera praktekin langsung yah..

Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Hasil Scan Secara Online


Jika yang mau anda ubah ukuran dari dokumen PDF buat melamar kerja, rasa-rasanya kualitas file PDF hasil scan tidak jelek, karena kebanyakan isi dari file tersebut berupa text. Beda misalkan anda ingin mengecilkan ukuran PDF yang banyak gambar didalamnya, hasilnya tentu kurang maksimal. Namun, kembali ke masing-masing orang yang menilai kualitas file PDF yang sudah dikurangi tersebut.

Nah, tentunya anda sudah tidak sabar pengen tahu bagaimana cara memperkecil ukuran file PDF kan, yasudah simak daftar website kompres PDF online dibawah ini:

  1. IlovePDF
  2. PDFcompressor
  3. SmallPDF
  4. SodaPDF
  5. PDF2go
  6. PDFio
  7. PDFcandy
  8. HiPDF
  9. Docupub
  10. PDFconvertonline
  11. CleverPDF
  12. ShrinkPDF

Semua website online diatas bisa anda gunain untuk mengecilkan ukuran file PDF online lewat hp ataupun laptop, namun syaratnya tentu perangkat yang dipake sudah anda jaringan internetnya.

Dan mengenai cara kompres ukuran file PDF online supaya anda tidak bingung gimana menggunakanya, bisa simak contoh berikut pakek sala satu web yang banyak dikunjungi untuk mengurangi ukuran PFD jadi kecil, web tersebut adalah:

  • Silahkan buka website kompres file PDF online yaitu SmallPDF
  • Dihalaman tersebut selain anda bisa mengecilkan ukuran file PDF juga dapat menggabungkan file PDF jadi satu, caranya anda tinggal klik opsi menu yang di inginkan, namun karena sekarang anda mau ngecilin ukuran PDF maka pilih opsi menu Mengompres PDF 
    cara memperkecil ukuran file pdf menjadi 300 kb
  • Berikutnya silahkan klik tautan Pilih File 
    cara kompres file pdf menjadi kecil
  • Jika sudah terpilih file yang mau di ubah ukuran silahkan tunggu beberapa saat tergantung dari besar kecil file yang di upload dan juga koneksi internet perangkat yang anda pake sekarang
  • Nah, sekarang anda bisa melihat berapa hasil kompres dari ukuran awal 4.91 MB (4910 kb) menjadi 2.75 MB (2.750 kb) yakni sekitar 44.01 % ukuran file yang bisa di perkecil. Lanjut klik tombol Unduh dan selesai 
    cara kompres pdf sesuai keinginan

Mudah ya cara mengecilkan ukuran file PDF online menggunakan SmallPDF, mengenai yang web lain untuk kompres PDF bisa anda cobi-cobi sendiri. Dan yang pasti kalau file yang mau di ubah ukuran sekitar 500 kb bisa jadi 300 bahkan 200 kb dengan memakai salah satu web online tersebut.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Offline


Karena tadi anda sudah mengerti cara mengecilkan file PDF secara online kini bisa lanjut ke cara offline kompres ukuran file PDF biyar lebih ringan, yakni dengan bantuan software komputer:

  1. Adobe Acrobat
  2. Free PDF Compressor
  3. Microsoft Word
  4. Orpalis PDf Free

Tentunya bila anda ingin menggunakan cara mengecilkan ukuran file PDF offline maka tahap awal yang harus dilakukan, yakni menginstall software tersebut ke laptop ato PC. Silahkan anda cari di website yang menyediakan software gratis kompres PDF dari pencarian Google. Sebagai contoh disini saya contohin pemakaian software Adobe Acrobat:
cara memperkecil ukuran file pdf offline
  • Silahkan buka software Adobe Acrobat 
  • Lanjut pilih menu File => Open
  • Jika File PDF yang akan diperkecil sudah terbuka maka lanjut simpan, langkah-langkah File => Save As Other => Reduced Size PDF
  • Berikutnya dari menu Make Compatible lanjut Retain Exiting => OK terkahir simpan menggunakan nama yang berbeda

Buat alasan kenapa kalau anda menggunakan Adobe Acrobat untuk memperkecil file PDF yakni kualitas tentu akan sedikit berbeda dengan sebelum file di kompres, karena itulah anda bisa menyimpan versi salinan dengan memilik opsi Save As Other.

Rasannya sudah cukup apa yang bisa saya bagikan mengenai cara mengecilkan ukuran file PDF hasil scan untuk melamar kerja via email khususnya. Semoga dari tulisan sederhana ini membawa manfaat buat pembaca blog Bikin Cara Baru.

0 Response to "Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Hasil SCAN Online & Offline"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel