CONTOH Cara Membuat CV yang Menarik & Kreatif Online di HP

Mau tau cara membuat CV yang menarik dan kreatif untuk melamar kerja? Butuh contoh juga? pastinya iya dong, nah karena memang Curriculum Vitae / daftar riwayat hidup di dalam aplikasi lamaran sangat dibutuhkan perusahaan untuk menilai calon karyawannya, jadi bagi kamu yang mau bikin CV menarik simak selengkapnya tips bagaimana cara buat CV lamaran kerja secara online di hp atau laptop.
cara membuat CV yang menarik
Sebelum melangkah kejenjang yang lebih serius dalam menulis CV yang keren, ada beberapa hal yang musti di pahami dibawah ini.

Apa Saja Hal Penting Dalam Membuat CV Menarik??

Ibarat kamu mau ngelamar seseorang tentu saja kamu berusaha maksimal agar bisa diterima oleh si dia, begitu juga dalam melamar pekerjaan di perusahaan pastinya kamu kepingin toh diterima jadi karyawan disana? karenanya simak poin-poin dibawah sebelum kamu membuat daftar riwayat hidup lamaran kerja:
  1. Carilah informasi tentang profil perusahaan yang kamu lamar, pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang
  2. Curriculum Vitae lamaran kerja seperti kemasan produk, jadi usahakan semenarik mungkin menyajikan aplikasi CV agar lebih menjual dari pada pelamar yang lain
  3. Perhatikan layout CV sudah rapi apa belum, mulai dari size font, spasi dan biasanya titik dua tidak sejajar (:)
  4. Penulisan isi CV mulailah dari profil atau data diri mu secara umum, pendidikan formal & nonformal/pelatihan, pengalaman kerja jika ada maka tulis nama perusahaan dan bergerak di bidang apa, mulai dan sampai kapan kamu disana serta jelaskan tanggung jawab anda di posisi tersebut
  5. Update selalu isi daftar riwayat hidup, jangan sampai ngelamar bulan januari 2019 tapi isinya masih aja di tahun 2018
  6. Jika lamaran tersebut dikirim secara online pastikan tata cara mengirim lamaran lewat email yang benar
  7. Baca dan koreksi ulang aplikasi CV lamaran yang dibuat sebelum dikirim

Dalam menulis isi daftar riwayat hidup tentunya jangan sampai menghilangkan informasi penting tentang dirimu, karena isi CV merupakan gambaran tentangmu, layak atau tidak bergabung dengan perusahaan yang kamu lamar, jadi mau 1, 2 atau 3 lembar it's ok!

Setelah mengetahui apa saja bahan untuk mengisi CV lamaran kerja yang bagus, sekarang kita beralih ke tempat (software, aplikasi, situs web) atau perangkat (hp dan laptop) yang bisa kamu pake untuk mulai actions bikin CV.

Contoh Cara Membuat CV yang Menarik dan Kreatif

Bagi yang tidak punya laptop, tenang saja kamu bisa gunain hp untuk membikin CV online lewat aplikasi atau situs web yang menyediakan template CV gratis dan menarik tentunya.

Atau mau buat CV lamaran kerja bahasa Indonesia di hp android dengan aplikasi Google? emang ada? Cek caranya di link berikut.

Oke mari kita cari tau apa saja software, aplikasi, situs web untuk membuat CV menarik, yakni:

1. Microsoft Word

Sudah tidak asing lagi kalau mau membuat CV lamaran ya pakek Mc. Word (tersedia versi komputer dan juga aplikasi android dan IOS) namun di Mc word ini tidak ada template CV yang menarik, tapi kamu bisa berkreativitas untuk membuat desain lamaran sesuka hati disini.

2. Google Docs (web, aplikasi)

Google Docs adalah salah satu produk si mbah Google yang bisa kamu pake untuk nulis CV online (ada website dan juga aplikasinya). Di Google Dokumen kamu disediakan template gratis buat CV atau kalau tidak yah nulis manual aja. Jadi bisa pakek bahasa Indonesia ataupun bule.

3. Canva com (web, aplikasi)

Bagi sebagian orang tentu sudah mengenal aplikasi / web Canva untuk desain poster, banner, kartu identitas, dan juga untuk membuat resume lamaran kerja yang menarik bahasa Indonesia ataupun Inggris serta di Canva banyak template gratisan yang keren baget.

4. KickResume com

Yang mau praktis dalam membuat CV bahasa inggris dengan template yang menarik secara gratis coba aja di web Kickresume(.)com. Sayngnya situs tersebut nggak ada versi aplikasinya, tapi lumayan keren-keren desain template gratisannya:D

Sebetulnya ada banyak tempat untuk mbikin CV lamaran, tapi rekomendasi admin 4 diatas adalah terbaik dari yang terbaik. Kalaupun anda pakai yang lain nggak jadi masalah, toh saya bukan sales mananger dari software aplikasi dan web buat nulis CV diatas kok :D

Cara Membuat CV Online yang Menarik di Canva (Gratis)


Nah, sekarang saya berikan contoh membuat CV yang menarik dan kreatif tentunya secara online menggunakan situs Canva lewat Hp tanpa install aplikasi, karena lebih simple, praktis dan banyak template CV gratis menarik yang bagus dan profesional guys. Oke, simak penjelasan langkah dibawah ini:
  • Buka web canva.com 
  • Dihalaman awal pilih tombol Mulailah, gratis! 
    cara membuat CV online
  • Silahkan buat akun dulu dengan memasukkan Nama, Bidang Pekerjaan dan biyar gampang daftar pake akun Google di hp (jika mau mengkhususkan Gmail untuk bikin CV online, buat akun Google baru di hp aja) 
    cara membuat CV yang menarik dan kreatif
  • Setelah punya akun di Canva, karena saya mengakses web ini pake hp android bukan dari laptop jadinya saya disuruh menginstal aplikasinya dulu agar bisa membuat CV menarik lewat hp, tapi kita bisa siasati aja dengan mengubah tampilan Canva ke versi Desktop dari hp,
    caranya Tab Icon Tiga Titik (perhatikan gambar dibawah) 
    cara membuat CV yang menarik untuk pemula
  • Kemudian pada menu drob down yang muncul, Tab opsi Situs Desktop (gmbar jadi satu diatas)
  • Sekarang kamu bisa lihat macam-macam template untuk desain grafis seperti untuk poster, id cart dll, karena sekarang mau membuat CV online yang menarik maka pilih Resume 
    cara membuat CV yang menarik bagi pemula
  • Lanjut untuk kepemilihan template CV gratis sesuai selera, contoh disini saya pilih template dari Kategori Sederhana yang itu (lihat gambar di bawah) 
  • Jika sudah maka sekarang waktunya editing, pertama kita tambahkan pas photo untuk resume tersebut caranya Tab Icon Tambah (+) 
    cara membuat cv yang menarik di hp
  • Selanjutnya pilih Opsi Menu Upload dengan icon Awan, lanjut Unggah Gambar dan Tab Foto yang tadi di upload 
    cara membuat cv yang menarik untuk fresh graduate
  • Berikutnya atur ukuran dengan menyeret sudut / titik yang saya beri tanda lingkaran merah, jika dirasa ukuran sudah pas bisa langsung geser ke bagian kolom Foto Profil 
    cara membuat cv yang menarik bahasa indonesia
  • Sekarang kamu bisa memasukan data diri mu, ubah warna layout dll dengan cara mengetuk dua kali dibagian yang ingin kamu edit. Jika sudah, cek ulang, kalo ok lanjut ke tombol Download 
    cara membuat cv yang menarik di laptop
  • Pilih opsi menu Unduh 
    aplikasi pembuat CV bahasa indonesia
  • Berikan nama file CV lamaran kerja PDF kamu, centang kolomnya dan bisa langsung pilih link Download 
    contoh CV yang menarik
  • Selesai, untuk membuka CV yang kamu buat tadi cek menu File Manager Unduhan 
    contoh CV pdf yang menarik
Untuk tambahan saja apabila file CV PDF yang kamu download tadi ukurannya besar kamu bisa kompress ke ukuran yang lebih kecil, lihat panduan ini.

Dengan memanfaatkan web / aplikasi pembuat CV, siapapun bisa melakukan cara membuat CV yang menarik dan kreatif sekalipun kita pemula. Tinggal edit-edit sedikit, daftar riwayat hidup bahasa Indonesia PDF pun jadi. Sekian dulu share hari ini yah!

0 Response to "CONTOH Cara Membuat CV yang Menarik & Kreatif Online di HP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel