Contoh Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

Seperti apa contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan sopan mulai dari tatanan bahasa, format penulisan yang benar, waktu penyerahan surat yang tepat agar proses resign dari perusahaan tempat bekerja dapat berjalan lancar. Selain itu ketahui apa saja manfaat dari surat pengunduran diri kerja untuk kita serta perusahaan.

Yang kita ketahui bersama dalam melamar pekerjaan ke suatu perusahaan dibutuhkan surat lamaran sebagai administrasinya, sama halnya kalau kita akan mengundurkan diri dari perusahaan tempat kita bekerja membutuhkan administrasi yaitu surat pengunduran diri atau resign ke perusahaan.
contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan
Namun, terkadang karena beberapa alasan ada juga karyawan yang malas membuat surat pengunduran dan langsung menghilang begitu saja tanpa ada pemberitahuan ke perusahaan. Bukan tanpa alasan kenapa seseorang kabur dari perusahaan tempat ia bekerja tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu, karena perusahaan juga ada yang tidak memakai surat lamaran untuk proses rekrutmen karyawan baru seperti status karyawan lepas misalnya.

Alasan Umum Karyawan Mengundurkan Diri Dari Perusahaan

Tidak mungkin kita sebagai karyawan mau mengundurkan diri dari tempat bekerja kalau tidak didasari sebab akibat yang mendorong kita resign. Dibawah ini merupakan beberapa alasan umum saja yang mungkin salah satunya ada pada anda, yakni:

  • Gaji yang diperoleh kurang mencukupi kebutuhan
  • Lingkungan kerja kurang nyaman (rekan kerja, tempat, bagian) 
  • Dapat atau sedang cari kerja baru yang lebih oke
  • Jauh dari keluarga
  • Meneruskan pendidikan DLL

Sebagian alasan diatas memang sangat umum seseorang mau melakukan pengunduran diri dari perusahaan. Maka sudah tepat kalau anda berada pada artikel ini untuk mencari tahu bagaimana cara resign dari perusahaan dengan baik serta sopan.

Jadi, yang perlu kita perhatikan disini kalau mau resign pada intinya ada 4, antara lain:
  1. Perencaan akan mengundurkan diri
  2. Membuat surat pengunduran diri
  3. Konfirmasi ke atasan langsung yang terkait dengan anda
  4. Penyerahan surat ke pimpinan
Oke, mari kita simak penjelasan lengkapnya langsung dibawah!

Prosedur Cara Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar serta Sopan


1. Rencana Pengunduran Diri

Hal ini bisa meliputi pertimbangan matang dari kita kedepannya, pastikan alasan keluar dari perusahaan sudah tidak bisa ditawar lagi. Karena apa, kalau anda sudah memegang peran penting di suatu perusahaan dan kerja anda baik tentu atasan merasa berat dan tidak ingin melepas anda.

2. Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Ini contohnya:

Surabaya, 17 Januari 2020
Kepada Yth.
Direktur PT. Tunas Sejahtera Abadi
Jl. Mawar Blok B11 No 18 Martahandi
Surabaya,

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Gordon Vanbet bermaksut untuk mengundurkan diri dari PT Tunas Sejahtera Abadi sebagai Administrasi Gudang dikarenakan Alasan, terhitung sejak tanggal 17 Januari 2020.

Saya mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT Tunas Sejahtera Abadi. Saya juga memohon maaf keseluruh karyawan  dan manajemen PT. Tunas Sejahtera Abadi apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap PT Tunas Sejahtera Abadi dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.


Hormat saya,

Ttd.       
Gordon Vanbet

Secara teknis dari contoh penulisan surat pengunduran diri diatas seperti ini formatnya:

  • Tempat, waktu tanggal letakkan di kanan surat
  • Nama serta alasan pengunduran diri
  • Isi dan tujuan dengan sopan
  • Tanda tangan dan nama penulis
  • Materai (jika diperlukan)

3. Beritahukan Rencana Pengunduran Diri

Utamanya kalau anda sudah berkeluarga, pastikan rencana resign ini sudah di omongin dengan keluarga.

Kedua, konfirmasikan pengunduran diri ke atasan yang terkait bidang pekerjaan anda. Saya yakin jika memang tujuan anda baik pasti beliau akan membantu anda menyampaikan maksud tujuan pengunduran diri kerja anda ke pimpinan. Meskipun, terasa berat bagi atasan melepas anda:)

4. Penyerahan Surat ke Pimpinan

Setelah melalui proses yang panjang diatas, kini waktunya memberikan langsung surat pengunduran diri kerja sesuai arahan atasan terkait.

Dari penjelasan ringan diatas bisa kita tarik kesimpulan cara membuat surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar itu tidak perlu panjang lebar atau langsung To The Point, singkat padat dan jelas.

Tak kalah pentingnya adalah nomor-nomor prosedur resign diatas tentunya.

Sedangkan kalau menurut saya manfaat surat pengunduran diri kerja ini supaya kita mendapat surat pengalaman kerja dari perusahaan terkait guna untuk keperluan melamar kerja ke perusahaan lain ataupun sebagai salah satu dokumen syarat pencairan BPJS tenaga kerja. Sekian, mohon maaf bila ada yang tidah berkenan:)

0 Response to "Contoh Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel